19 Desember 2010

Customer Service

Customer service merupakan layanan informasi tentang suatu perusahaan atau produk perusahaan tersebut. sebelum, selama dan setelah penjualan. Customer service merupakan salah satu bagian terpenting dalam pemasaran ataupun penjualan suatu produk perusahaan atau jasa. Semakin baik layanan yang diberikan oleh customer service suatu perusahaan maka akan semakin baik juga prospek pemasaran dan penjualan produk dan jasa perusahaannya.
Seorang customer service haruslah memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan yang bersangkutan. Selain pengetahuan yang cukup, seorang customer service juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu menangani kebutuhan kustomer (tamu). Hal-hal tadi merupakan kemampuan penunjang yang harus seorang customer service miliki jika menginginkan perusahaan mengalami kemajuan dan peningkatan pemasaran dan penjualan produk atau jasa. selain kriteria tersebut ada sebuah kriteria tambahan yang haruslah dimiliki seorang customer service yaitu kesabaran dan sopan santun yang baik, karena sifat setiap kustomer berbeda-beda dan terkadang suka ada yang melakukan kejailan atau keisengan tershadap customer service.

Marketing Automation

Marketing Automatin adalah sistem pemasaran yang berbasiskan teknologi yang digunakan untuk mendorong minat pasar terhadap produk perusahaan atau jasa serta memelihara proses market dan manajemennya.

Marketing Automation memiliki cakupan penggunaan Bisnis to Bisnis, Bisnis to Goverment dan Bisnis to Consumer. Pemanfaatan teknologi yang benar-benar maksimal dari marketing automation serta penggabungan dengan proses penjualan yang baik, maka akan menghasilkan peningkatan pemasaran dan penjualan yang sangat signifikan setiap tahunnya.

Sales Force Automation

Sales Force Automation adalah sebuah sistem automatisasi tugas-tugas seorang sales atau pebisnis dalam melakukan kerjanya demi meningkatkan kinerja dan penjualan suatu perusahaan.
Sales Force Automation merupakan bagian sebuah perusahaan yang dihususkan untuk sistem manajemen hubungan pelanggan yang otomatis mencatat tahapan-tahapan dalam proses penjualan. SFA memiliki banyak sekali cakupan di dalamnya, salah satunya yaitu sistem yang mengatur manajemen kontak, peramalan penjualan, manajemen pemesanan dan pengetahuan produk dari suatu perusahaan.

Kelebihan dari Sales Force Automation, yaitu :
1. Penjualan akan menjadi lebih efisien dan efektif.
2. Manajemen waktu yang berkurang dan membuat perusaaan menjadi lebih bertindak safety (waspada) dan lincah.
3. Meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kekurangan dari Sales Force Automation, yaitu :
1. Mahal.
2. Membutuhkan perawatan tambahan.
3. Membutuhkan kerja tambahan dengan informasi yang harus selalu update
4. Memerlukan sistem yang terhubung/terintegrasi dengan sistem informasi manajemen lain.